Beberapa pengertian tentang sistem menurut beberapa
ahli, sebagai berikut :
1. Pengertian Sistem Menurut Indrajit (2001: 2)
mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari
komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
2. Pengertian Sistem Menurut Jogianto (2005: 2)
mengemukakan bahwa sistem
adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu
tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan
yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang
yang betul-betul ada dan terjadi.
3. Pengertian Sistem Menurut Murdick, R.G,
(1991 : 27) Suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau
procedure-prosedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian
atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu
rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau
barang. .
4. Pengertian Sistem Menurut Jerry FutzGerald, (1981
: 5) Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling
berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk
menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
5. Pengertian Sistem Menurut Davis, G.B, (1991
: 45 ) Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi
bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran
6. Definisi Sistem Menurut Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo
(1984: 78) “Suatu sistem adalah
sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan
hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu
kesatuan secara fungsional.”
7. Definisi Sistem Menurut Lani Sidharta
(1995: 9), “Sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan
yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama”
8. Menurut Gordon B. Davis; Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian
yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran
dan maksud.
9. Menurut Webster's Unabridged; Sistem adalah
elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
10. Menurut Bertalanffy; Sistem adalah
sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai
tujuan yang sama.
11. Menurut Pilecki; Sistem
adalah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atu
dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah
bagian-bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut.
12. Menurut Djekky R. Djoht Sistem adalah agregasi atau pengelompokan
objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau
saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian
rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang
integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.
13. Menurut Zulkufli A. M Sistem adalah
himpunan sesuatu "benda" nyata atau abstrak (a set of thing) yang
terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan,
berketergantungan, dan saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam
satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan
efektif.
14. Menurut Koentjaraningrat;Sistem adalah susunan yang berfungsi dan
bergerak; suatu cabang ilmu niscaya mempunyai objeknya, dan objek yang menjadi
sasaran itu umumnya dibatasi. Sehubungan dengan itu, maka setiap ilmu lazimnya
mulai dengan merumuskan suatu batasan (definisi) perihal apa yang hendak
dijadikan objek studinya.
15. Menurut Umar Fahmi Achmadi;Sistem adalah tatanan yang menggambarkan
adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama
secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam jangka waktu
tertentu dan terencana.
16. Menurut Raymond McLeod,Sistem adalah
himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu
kesatuan yang utuh dan terpadu.
Beberapa pengertian tentang politik menurut beberapa ahli, sebagai
berikut :
1. Rod Hague, Politik adalah kegiatan yang
menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang
bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan
perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.
2. Andrew Heywood, Politik adalah kegiatan suatu
bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen
peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat
terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.
3. Carl Schmidt, Politik adalah suatu dunia yang
didalamnya orang-orang lebih membuat keputusan - keputusan daripada
lembaga-lembaga abstrak.
4. Litre, Politik didefinisikan sebagai ilmu
memerintah dan mengatur Negara
5. Robert, Definisi politik adalah seni
memerintah dan mengatur masyarakat manusia
6. Ibnu Aqil, Politik adalah hal-hal praktis
yang lebih mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan
meskipun tidak digariskan oleh Rosulullah S.A.W
7. Harold D. Laswell dan A. Kaplan Ilmu Politik
adalah ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan.”
8. W.A Robson Ilmu politik adalah ilmu yang
mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu sifat hakiki, dasar,
proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Fokus perhatian sarjana ilmu
politik, tertuju pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan,
melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain, atau menentang
pelaksanaan kekuasaan itu.
9. Bluntschli, Garner dan Frank Goodnow Ilmu
politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan;
10. Seely dan Stephen Leacock Ilmu politik
merupakan ilmu yang serasi dalam menanggani pemerintahan.
11. Paul Janet Ilmu politik sebagai ilmu yang mengatur
perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan.
12. R.N. Gilchrist; dan Lasswell Ilmu politik
adalah ilmu yang mempelajari pengaruh dan kekuasaan, serta ilmu yang mengkaji
teori dan fakta tentang akumulai kekuasaan. bagaimana sebuah rezim memperoleh
kekuasaan, mengelola dan mempertahankan kekuasaan tersebut dari rezim lain yang
bersaing
13. Miriam Budiardjo ilmu politik adalah ilmu yang
mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk
mencapai kehidupan yang baik.
14. Goodin Ilmu politik dapat diartikan sebagai
sifat dan sumber paksaan serta cara menggunakan kekuasaan social dengan
paksaan.
15. David Eston Ilmu politik adalah studi mengenai
terbentuknya kebijaksaan umum
16. Roger F. Saltou Ilmu politik adalah ilmu yang
mempelajari negara, tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan
tujuan itu, hubungan antara negara dengan warga negaranya serta negara dengan
negara lain.
17. Wilbur White Ilmu politik adalah ilmu yang
mempelajari asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses negara dan pemerintah.
18. Gilchrist Ilmu politik adalah ilmu mengenai
negara dan pemerintah
19. Adolf Grabowsky Ilmu politik adalah menyelidiki
negara dalam keadaan bergerak.
Golongan pendefinisian institusional ini mempelajari lembaga-lembaga politik dengan negara sebagai pusat pembahasannya. Pembahasan dimulai dengan asal mula negara, hakikat negara, sejarah dan tujuan, serta bentuk-bentuk negara sampai dengan penyusunan deduksi-deduksi tentang pertumbuhan dan perkembangan negara.
Golongan pendefinisian institusional ini mempelajari lembaga-lembaga politik dengan negara sebagai pusat pembahasannya. Pembahasan dimulai dengan asal mula negara, hakikat negara, sejarah dan tujuan, serta bentuk-bentuk negara sampai dengan penyusunan deduksi-deduksi tentang pertumbuhan dan perkembangan negara.
Kaitan pengertian di
atas dengan kasus-kasus system politik Indonesia
sistem pemerintahan Republik Indonesia juga
tidak lepas dari pengaruh teori trias politica. Dimana terjadi pemisahaan
kekuasaan antara lembaga eksekutif, lembaga yudikatif, serta lembaga
legislatif. Sistem pemerintahan Republik Indonesia adalah menganut sistem
pemerintahan presidensiil yang berbentuk republik. Dalam sistem pemerintahan
ini, presiden mempunyai hak untuk mengangkat dan memberhentikan para menteri
sebagai pembantunya dalam menjalankan pemerintahan.
sistem politik yang berlaku sekarang
tidak sepenuhnya presidensial dan bukan pula parlementer. Begitu banyak Permasalahan-permasalahan
yang terjadi di dalam demokrasi di Indonesia diantaranya yaitu salah contoh
kasus yang ada sekarang dalam demokrasiyakni masalah kepentingan penguasa. Hal ini memang
sejak awal memang telah di khawatirkan, menjadi persoalan utama dalam
demokrasi. Pesta pora meriah saat pemilu kemudian berakhir dengan istirahat
panjang politisi. Dikatakan istirahat, karena seusai pemilu pekerjaan utama
mengunjungi raktyat menjadi terhenti. Berada di gedung DPR yang mewah, jauh
lebih menyenangkan ketimbang bertukar sapa dengan rakyat.
Andaikata rakyat hendak bertamu ke
gedung parlemen, jika mau di dengar, itu harus membawa segerombolan massa
sambil meneriakkan yel-yel yang nyaring dan keras. Gedung DPR seperti sebuah
lorong yang sangat sempit, yang tidak semua orang dapat masuk kedalamnya. Jika
orang masuk dan diterima, memiliki aturan tersendiri. Bukan asal menang pemilu,
melainkan harus memiliki beberapa modal yang bisa disumbang. Masalah-masalah
yang terjadi:
•
Modal dan uang rakyat sering dijadikan
alat untuk memperoleh dukungan rakyat dan menyebabkan munculnya penjahat dalam
demokrasi
•
Aturan hukum yang dikuasai oleh penguasa
Modal dan uang rakyat sering dijadikan
alat untuk memperoleh dukungan rakyat dan menyebabkan munculnya penjahat dalam
demokrasi. Modal dan uang memiliki peranan yang besar bagi pembentukan
dukungan. Siapa yang kaya maka dia akan sangat mudah memperoleh dukungan
rakyat. Kemudian setelah mendapatkan dukungan mereka akan mudah untuk
memperoleh kekuasaan. Berkat modal dan uang, Tidak pandang apakah mereka
memiliki kemampuan untuk memimpin, dan apakah mereka dapat benar-benar membela
kepentingan rakyat, seperti yang disuarakan saat pemilu digelar. Padahal uang
yang mereka gunakan itu adalah uang rakyat. Kebanyakan uang itu berasal dari
uang hasil korupsi. Demokrasi ternyata memberikan ruang yang luas bagi
munculnya penjahat demokrasi. Penjahat disini adalah mereka kaum penguasa yang
menjadikan demokrasi sebagi kedok untuk kepentingan mereka.
Gejala kemunculannya disini bisa
dibuktikan oleh saat ini banyak anggota pemerintahan yang menjarah uang rakyat
dengan melakukan korupsi dimana-mana misalnya uang rakyat dari pajak yang
dibayarkan rakyat tiap tahun. Padahal uang itu seharusnya digunakan untuk
hal-hal yang menjadi kepentingan dan kebutuhan rakyat. Bukanlah digunakan untuk
kepentingan penguasa. . Disini konsep perwakilan yang dijalankan dalam sistem
demokrasi tidak berjalan. Karena dalam politik yang dijalankan oleh penjahat
demokrasi politiknya ditentukan oleh uang. Intinya para penjahat demokrasi menjadi
penguasa baru karena kondisinya yang memberi dukungan. Kondisi ini semakin
ditunjang dengan lembaga keuangan yang menjadi sumber uang bagi politik
penguasa. Penguasa yang memiliki politik yang luas mulai memanfaatkan dan
memaksimalkan pendapatannya dari lembaga keuangan tersebut. Bahkan dengan
uangnya itulah mereka merusak kepentingan hidup masyarakat banyak.
Kumpulan
penjahat demokrasi itu berkuasa disemua bidang dan akan selalu merugikan rakyat
banyak. Meski ada banyak catatan yang patut untuk kita kutip bagaimana
pemerintahan mengalami penyelewengan terhadap demokrasi pancasila, namun
melakukan perlawanan terhadap hal-hal itu diperlukan suatu usaha yang lebih
keras lagi untuk mengembalikan demokrasi kembali ke tangan rakyat. Sebuah
kenyataan bagi kita betapa tidak mudahnya untuk mengembalikan demokrasi ke
tangan rakyat.
Aturan
hukum yang dikuasai oleh penguasa. Kekuasaan para penjahat demokrasi di
Indonesia menunjukan bagaimana penjahat demokrasi dapat memberikan sumbangan
besar terhadap kekuasaan. Kekuasaan penjahat demokrasi yang menindas kedaulatan
rakyat makin merajarela ketika wilayah kekuasaan menyebar dan sistem demokrasi
tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Di Indonesia walaupun terkenal dengan
Negara yang korup, tapi sedikit sekali pelaku korupsi yang dihukum. Bahkan
makin besar uang yang dikorupsi, akan makin besar peluang lolos dari jeratan
hukum. Karena semakin banyak uang yang mereka dapatkan dari hasil korupsi,
semakin mudah bagi mereka mengeluarkan uang untuk membeli hukum di negeri ini.
Para koruptor yang mengkorupsi uang negara milyaran rupiah, hanya sebentar
berada di dalam penjara. Sedangkan rakyat biasa yang hanya mencuri ayam milik
tetangganya bisa mendapat hukuman lebih lama. Tidak ada badan pemerintah yang
tidak bisa dicuri, bahkan lembaga perbankan dengan gampang dicuri. Cukup
melakukan kerja sama dengan orang dalam maka pencurian dengan leluasa dapat
dilakukan.
Para penegak hukum sangat mudah untuk
dibeli dan itu sebabnya beberapa penegak hukum banyak di demo oleh massa.
Malahan ada kantor pengadilan yang di bakar oleh massa karena memutus perkara
dengan cara tidak adil. Situasi inilah makin menuntut munculnya kepemimpinan
yang terdiri dari orang kuat. Kuat dalam artian kepemimpinan yang mampu
menangani masalah yang berhubungan dengan rakyat. Agar rakyat dapat hidup
makmur, sejahtera, dan dapat memenuhi harapan-harapan rakyat. Kekuatannya
didasarkan pada kemahirannya dalam mencegah penindasan pada kedaulatan rakyat.
Terlebih-lebih seperti yang kita saksikan saat sekarang ini, kekuasaan penjahat demokrasi ini menguasai diantaranya aparat pemerintah terutama militer yang menjadi aparat keamanan bagi rakyat, berubah menjadi aparat keamanan bagi penguasa dan orang-orang berduit. Dengan uang aparat keamanan dengan mudahnya dapat disogok dan dengan uang yang mereka tunduk kepada penguasa, menjalankan perintah penguasa walaupuh perintah itu merugikan kepentingan rakyat banyak.
Terlebih-lebih seperti yang kita saksikan saat sekarang ini, kekuasaan penjahat demokrasi ini menguasai diantaranya aparat pemerintah terutama militer yang menjadi aparat keamanan bagi rakyat, berubah menjadi aparat keamanan bagi penguasa dan orang-orang berduit. Dengan uang aparat keamanan dengan mudahnya dapat disogok dan dengan uang yang mereka tunduk kepada penguasa, menjalankan perintah penguasa walaupuh perintah itu merugikan kepentingan rakyat banyak.
Sekarang ini masa dimana para penjahat
demokrasi mengubah prinsip kedaulatan. Kata demokrasi dari rakyat untuk rakyat
berubah menjadi dari penguasa untuk penjahat. Solusinya disini adalah
pendidikan yang menjadi jalan utama untuk memperkuat dan merebut demokrasi
kerakyatan yang dikuasai oleh penjahat demokrasi. Pendidikan yang menerjunkan
secara langsung kaum terpelajar perlu dilaksanakan. Karena sentuhan keadaan
nyata dan sebenarnya dapat membuat pengetahuan demokrasi menjadi lebih nyata,
tidak hanya berada di angan-angan semata. Mungkin saat ini waktunya kita
sebagai penerus bangsa untuk mendorong sebuah gerakan yang memiliki tujuan yang
seragam yaitu merebut demokrasi rakyat yang sesungguhnya, dan merontokkan
kekuasaan kaum penjahat demokrasi di negeri ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar